08 Januari 2010

Acara Malam Tahun Baru di GKPS Togur





Salah satu acara yang biasa dilakukan gereja dan masyarakat di kampung halaman di Sumatera Utara adalah perayaan malam tahun baru dan detik-detik pergantian tahun secara bersama di gereja.

Acara dimulai sekitar pukul 10 malam, diawali dengan ibadah. Kalau ada acara perjamuan kudus, acara akan dimulai lebih awal. Di beberapa gereja, data statistik selama setahun (kelahiran, kematian, pernikahan, jumlah jemaat, dll) dibacakan juga. Menjelang pukul 24 tengah malam, semua berkumpul melingkar. Semua dengan hikmat mendengarkan bunyi lonceng gereja 12 kali tanda pergantian tahun, disertai dengan doa pribadi. Setelah lonceng selesai berbunyi, dilanjutkan dengan acara doa bersama dan beberapa tokoh berbicara mengucapkan kesan dan pesan di tahun yang baru saja dilewati dan harapan di tahun yang baru. Acara diakhiri dengan bersalaman secara melingkar. Selamat Tahun Baru. Heri Purba.

Keterangan foto : acara malam tahun baru di gereja GKPS (Gereja Kristen Protestan Simalungun) Togur, Ressort Marubun Longkung, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara