13 Agustus 2013

Jhonni Purba Dilantik Sebagai Kepala Desa Togur Untuk Periode Kedua


Di hari Rabu tanggal 1 Agustus 2013 yang lalu, salah satu anggota keluarga Purba Sigumonrong, Jhonni Purba, telah dilantik sebagai Kepala Desa Togur, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, untuk periode kedua. Periode pertama telah dijalaninya untuk masa tahun 2006-2007. Pelantikan dilakukan di ibukota Kabupaten Simalungun, Pematang Raya.

Jabatan resminya bernama Pangulu Nagori Togur. Pangulu dalam hal ini sama dengan kepala desa atau lurah di kota. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk menggunakan nama-nama dan jabatan lokal untuk pemerintahan tingkat desa. Jadi istilah nagori di sini berarti desa, dan pangulu berarti kepala desa. Daerah-daerah lain juga memiliki istilah sendiri, seperti negri dan raja di Maluku. Jabatan kepala desa ini diperoleh melalui pilkades, bukan melalui penunjukan atau lelang jabatan ala Jokowi-Ahok di DKI Jakarta. Kepala Desa juga bukan PNS, tetapi lebih mirip jabatan politik seperti Bupati dan Gubernur. Atasan langsung kepala desa adalah camat yang merupakan jabatan karir PNS. Sementara bawahannya adalah para kepala dusun atau kepala lorong, setara dengan RW atau RT di kota.

Desa Togur merupakan hasil pemekaran desa induk tahun 2002 lalu, Marubun Lokkung. Desa ini mempunyai dua dusun, Dusun Togur dan Dusun Batu Holing. Lokasinya terletak di jalan raya propinsi Lubuk Pakam-Seribu Dolok, sekitar 60 km dari kota Lubuk Pakam melewati Batu Lapan-Tanah Abang-Bangun Purba-Silinda, atau 81 km dari kota Medan. Jarak ke ibu kota kecamatan, Sarang Padang, sekitar 25 km melalui Pintuangin-Marjandi-Gunung Meriah-Gunung Paribuan. Sayang sekali kondisi jalan ke Saran Padang sangat jelek, bahkan susah dilalui sepeda motor. Lokasinya berada di ujung barat laut Kabupaten Simalungun, berbatasan dengan Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Serdang Bedagai. Tak heran, mobilitas penduduk ke Lubuk Pakam (ibukota Kabupaten Deli Serdang) atau Medan lebih tinggi dari pada ke Pematang Raya atau Pematang Siantar.

Kades Jonni Purba sendiri adalah putera asli Togur, dan lulusan Jurusan Budi Daya Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Pattimura, Ambon. Selamat bertugas dan melayani masyarakat. MP