03 Mei 2009

Purba Sigumonrong di Marubun Lokkung sekitarnya

Sebagaimana dipaparkan dalam tulisan sebelumnya, marga Sigumonrong diperkirakan datang ke Marubun Lokkung sekitarnya pada Abad ke 19, dari Lokkung, Raya. Sekarang ini, Sigumonrong termasauk salah satu marga yang dominan daerah tersebut.

Di sini, Sigumonrong dibagi ke-dalam delapan (8) Desa Kecil atau Partuanan, yang masing-masing dahulu mempunyai satu orang Pangulu (semacam Kepala Desa Adat). Kedelapan desa tersebut sering dinamakan Desa Nawaluh. Pembagiannya adalah sebagai berikut :

1. Marubun Pamatang
2. Marubun Suah
3. Marubun Luan
4. Juma Saran
5. Barubei
6. Bangun Baru
7. Batu Holing
8. Togur

Deperkirakan, jumlah keseluruhan sekitar 60-80 keluarga. Dengan ditambah jumlah boru dan anak boru (panogolan, bere) 2 kali lipatnya, secara total jumlah keluarga besar Sigumonrong di daerah ini sekitar 200 keluarga. Ini terlihat sewaktu ada pesta adat, maka hampir seluruh anggota keluarga besar ini akan hadir dan turut berpartisipasi.

Sesuai dengan perkembangan zaman, sebagian marga Sigumonrong dari daerah ini juga telah merantau ke kota, propinsi atau bahkan negara lain. Walaupun demikian, anggota-angota keluarga yang berada di perantauan diharapkan tidak lupa kepada asal-usulnya. MP.